Istilah-Istilah Dalam Video Card Pada Komputer

Istilah-Istilah Dalam Video Card Pada Komputer

Istilah-Istilah Pada Video Card

Dalam beberapa hal, mungkin sangat banyak kita temukan istilah-istilah pada komputer salah satunya yang akan kita ulas untuk kali ini adalah Istilah-istilah pada Video Card. Anda mungkin saja sering menemukan istilah-istilah seperti ini saat searching di google atau ditempat lainnya, tapi apakah anda mengerti apa fungsi dari istilah-istilah tersebut. Untuk menambah wawasan kita dalam ilmu komputer khususnya hardware, berikut telah kami rangkum beberapa istilah yang terdapat pada video card :

1.    Application Programming Interface

Gabungan ah dan urutan instruksi yang bisa digunakan pengembangan software untuk mendesain game atau aplikasi. Dengan adanya standar API, pengembang tidak harus menspesifikasikan aplikasi yang dibuatnya berdasarkan arsitektur hardware tertentu.

2.    Alliasing

Efek atau disebut juga Aliasing yang muncul karena contoh citra atau sinyaldipetakan pada tingkatan resolusi yang terlalu rendah dari resolusi asli. Efek ini menyebabkan area high texture (rapid change) dalam citra terlihat sebagi slow change. Bila Aliasing muncul, akan sulit  untuk mereproduksi citra asli yang akurat.

3.    Core Clock

Nilai frekeuenci yang dimiliki chip grafis pada video card. Biasanya semakin besar nilai frekuensi ini, maka semakin tinggi kinerjanya. Nilai frekuensi ini dinyatakan pada satuan Hz (Hertz) dan biasa ditambahkan cakupan nilai, seperti Mega, Giga, dan sebagianya.

4.    D-Sub

Standart output port analog dari video card ke monitor.

5.    DVI-I

Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital. DVI merupakan konektor yang digunakan pada monitor LCD yang sangat efektif untuk mengurangi noise video saat dilakukan konversi dari digital ke analog dan kembali lagi ke digital.

6.    GPU

GPU adalah singkatan dari Graphic Processing Unit. GPU merupakan Processor yang digunakan pada Video card dalam pemrosesan gambar.

7.    HDR

Singkatan dari High Dynamic Range, merupakan prosedur rendering pencahayaan yang didesain untuk mengemulasi bagaimana level cahaya di dunia nyata bervariasi untuk jangkauan area yang luas. Hal ini biasanya didapatkan dengan menggunakan data floating-point untuk tekstur dan target yang akan di render juga termasuk penggunaan pencahayaan yang sesuai. Meski menawarkan efek visual yang lebih menarik, namun mengaktifkan efek ini memiliki hit performance yang cukup besar bagi kebanyakan VGA.

8.    Memory Clock

Sama Seperti Core Clock, Memory Clock ini menunjukkan kecepatan kerja untk chip memori. Sama juga dalam hitungan satuannya menggunakan satuan Hz (Hertz).

Sekian ulasan singkat tentang istilah-istilah dasar dalam Video Card, semoga menjadi ilmu bermanfaat. Terima Kasih dan salam Portal.

Post a Comment