Apa Yang Dimaksud Dengan VRAM Pada Komputer ?

Portal Cyber - Apa Yang Dimaksud Dengan VRAM Pada Komputer ?
Video RAM atau biasanya disingkat dengan VRAM merupakan memori komputer yang berfungsi untuk menyimpan data gambar dan kemudian ditampilkan pada monitor. Vram melakukan buffer antara CPU dan grafis atau jika ada gambar yang tampil pada layar terlebih dahulu dibaca oleh prosesor kemudian ditulis oleh VRAM. Kemudian data tersebut dirubah menjadi sinyal analog oleh RAMDAC (RAM Digital Analog Converter).
 
Berbeda halnya dengan RAM, RAM merupakan seperangkat memori yang tertancap pada board laptop, sedangkan VRAM terdapat pada board VGA. Pada artikel lain saya akan menjelaskan cara cek VRAM pada Komputer.
 
Berikut beberapa jenis VRAM yang akan dijelaskan satu persatu :
 
1. Multibank Dynamic RAM (MDRAM)
VRAM ini merupakan VRAM yang mempunyai kinereja tinggi. VRAM ini dikembangkan oleh MoSys, mereka membagi memori menjadi bagian bagian sebesar 32 kb dan dapat diakses secara individu, sehingga membuat kinerja transfer lebih efisien dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.
 
Keuunggulan dari MDRAM ini salah satunya adalah harganya lebih murah dari VRAM lainnya, dan dapat diproduksi dengan jumlah yang tepat.
 
2. Windows RAM (WRAM)
VRAM jenis ini memiliki bandwith sekitar 25 persen lebih banyak dibandingkan VRAM pada umumnya, tujuannya untuk menghemat biaya.
 
3. Syschronous Graphics RAM (SGRAM)
Jenis VRAM ini merupakan RAM yang tersinkronisasi, dengan kata lain, data dapat dirubah satu operasi. Ini memungkinkan latar belakang, depan, dan juga gambar akan mengisi layar lebih efisien.
 
4. Rambus Dynamic RAM (RDRAM)
VRAM yang dirancang oleh Rambus ini bertujuan untuk mengoptimalkan untuk streaming video.
Sekian ulasan tentang VRAM, semoga menambah wawasan anda dalam mengenal perangkat-perangkat pada komputer. Silahkan berkomentar jika ada tambahan dari para pembaca, Terimakasih.

VRAM adalah memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data gambar yang ditampilkan di monitor komputer, yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis. Bila ada gambar yang akan ditampilkan pada layar, gambar yang pertama dibaca oleh prosesor dan kemudian ditulis dengan VRAM. Data tersebut kemudian diubah oleh RAM digital-ke-analog converter (RAMDAC) menjadi sinyal analog yang dikirim ke layar. seluruh proses yang terjadi begitu cepat yang tidak dapat ditangkap oleh penglihatan manusia. Tidak seperti kebanyakan sistem RAM, VRAM adalah chip dual-porting, yang berarti bahwa saat layar membaca dari VRAM untuk memperbaharui gambar yang sedang ditampilkan, maka prosesor yang baru menulis gambar dengan VRAM, hal ini mencegah tampilan dari kerlip antara redrawing tampilan.

Post a Comment