Istilah-Istilah Pada Motherboard Yang Wajib Diketahui

Motherboard

Istilah-Istilah Pada Motherboard

Pada beberapa artikel sebelumnya telah kita jelaskan tentang istilah-istilah pada video card dan istilah-istilah pada motherboard. Kedua perangkat tersebut lebih dikaitkan pada komponen komputer. Walaupun komponen tersebut adanya pada komputer bukan berarti nihil pada laptop. Laptop juga komputer, begitulah kira-kira.
Tanpa basa-basi teralu banyak, kesempatan kali ini akan saya pergunakan untuk mengulas beberapa hal atau islah yang ada pada notebook atau laptop, berikutjelasannya:

1.    PC Card

PC Card adalah kartu expansi yang biasanya digunakan pada notebook sehingga notebook tersebut memiliki fungsi-fungsi baru seperti WLAN, bluetooth, sound dan lain-lain. PC card ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu Type I, Type II, dan Type III. Perbedaan bentuk antara ketigannya hanya pada tingkat ketebalan tiap card. Type I memiliki ketebalan 3,3 mm. PC card Type I ini biasanya digunakan untuk kartu memori. Type II memiliki ketebalan 5 mm dan digunakan sebagai alat-alat I/O, seperti modem, LAN, dan lain-lain. Type III memiliki ketebalan 10,5 mm dan biasanya digunakan untuk alat seperti microdrive atau komponen lainnya yang memiliki dimensi ketebalan yang lebih besar.

2.    SO-DIMM

SO-DIMM merupakan singkatan dari Small Outline DIMM, yang merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada komputer notebook. So-DIMM dibagi menjadi 2 jenis. Pertama untuk jenis yang memiliki  jumlah pin sebanyak 72 pin. Jenis ini merupakan memory berinterface 32 bit, sedangkan untuk jenis yang memiliki pin sebanyak 144 pin adalah memory yang berinterface 64 bit.

3.    TFT LCD

Penggunaan Thin Film Transistor (TFT) pada liquid Crystal Display (LCD). Penggunaan layar ini juga termasuk bagian yang disebut active matrix. TFT LCD juga bisa ditemukan pada projector, monitor LCD, dan lain lain.

4.    Touchpad

Touchpad adalah sebuah alat input yang biasanya digunakan pada komputer laptop. Fungsi dari Touchpad sendiri adalah sebagai penggerak kursor pada monitor. Melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh permukaan touchpad tersebut. Dengan fungsi ini pula, Touchpad ini digunakan sebagai pengganti mouse. Dari ukuran, touchpad memiliki ukran yang berbeda-beda, namun biasanya ukurannya tidak lebih dari 50 cm persegi.

Sebenarnya masih banyak istilah-istilah yang lain yang ingin kami paparkan pada artikel ini,namun jangan khawatir, istilah-istilah yang ada pada sebuah notebook atau laptop juga hampir sama dengan komponen yang ada pada komputer desktop. Pada kesempatan lain kita akan membahas istilah-istilah lainnya yang ada pada komputer. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dalam memilih notebook baru atau bekas. Saya pun berharap artikel ini juga bisa menjadi referensi anda dalam belajar komputer.

Saya sangat berharap tambahan dari komentar-komentar anda, supaya pembaca bisa menjadi pembaca yang smart. Terima kasih, sampai jumpa pada artikel selanjutnya dan salam portal.

Post a Comment