Tips Menjaga Baterai Laptop dan Tahan Lama

Tips Menjaga Baterai Laptop dan Tahan Lama
Baterai adalah bagaian yang sangat penting pada laptop. Bisa anda bayangkan sebuah laptop tanpa baterai atau baterainya tidak berfungsi lagi ?, mungkin laptop terlihat seperti perangkat komputer yang hanya tinggal dirumah yang selalu bergantung dengan catu daya listrik. Banyak orang menjaga komputernya dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemadaman listrik tiba-tiba, maka dipasang alat penstabil arus dan penyimpan arus. Hal ini bertujuan untuk menjaga dari hilangnya data, bahkan kerusakan hardware komputer disaat pemadaman listrik tiba-tiba.

Begitu juga dengan laptop apabila tidak dilengkapi dengan baterai yang fit. Mungkin anda bisa berfikir gampang dengan melepas baterai laptop dan hanya mencolokkan carger kemudian masalahnya selesai. Tapi anda juga harus tau BAHAYA dari melepas baterai laptop. Maka dari itu sebelum baterai laptop anda tidak mengalami hang apalagi tidak berfungsi lagi dan mengharuskan anda untuk menggantinya dengan baterai yang baru, kami akan memberikan beberapa tips bermanfaat untuk menjaga baterai laptop anda dari hang atau cepat drop.


1. Cabut Charger Ketika Pengisian Penuh.

Ketika pengisian baterai laptop anda sudah terisi penuh atau pada indikator sudah terisi 100 persen, maka cabut charger anda dari laptop. Hal ini berguna supaya baterai anda tidak selalu di charge pada saat pemakaian. Pada saat pemakaian, baterai laptop anda akan otomatis terpakai, disaat itupula charger anda mengecas kembali baterai anda. Walaupun pada saat ini charger sudah bisa memutuskan aliran listrik saat baterai sudah terisi penuh, namun apa salahnya jika cara ini anda gunakan untuk membuat baterai laptop anda lebih bertahan lama.

2. Jangan Main Game Berat Menggunakan Baterai.

Seperti yang anda tahu, game game berat sangatlah menguras pemakaian baterai anda. Memainkan game berat secara rutin dan dalam jangka waktu yang lama akan membuat daya tahan baterai anda berkurang, bahkan lama kelamaan akan membuat betrai laptop hang dang disfungsi. Apabila anda memilih untuk mencopot baterai ketika bermain game, jangan lupa resiko yang akan timbul pada laptop ketika beterai dilepas.


3. Copot Baterai Ketika Tidak Digunakan Dalam Jangka Waktu Lama

Ada kalanya laptop tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka dari itu dianjurkan untuk melepas baterai dari perangkat laptop anda. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi konslet disebabkan cairan kimia pada baterai.


4. Jangan Biarkan Baterai Anda Kosong Dulu Baru Diisi.

Pada tips yang ke empat ini merupakan pengalaman diri saya. Saya sangat menghindari mengecas laptop pada posisi baterai sedang kritis atau berada pada posisi dibawah 5 persen. Biasanya sebagian orang mengabaikan pesan warning baterai lemah dan membiarkannya sampai pada titik krisis.

Post a Comment