5 Tips Aman dan Nyaman Berbelanja Online

 5 Tips Aman dan Nyaman Berbelanja Online



5 Tips Aman dan Nyaman Berbelanja Online - Berbelanja di sela-sela kesibukan anda bukan lagi perkara yang mustahil lagi, berbagai macam toko online hadir untuk melayani kegiatan anda berbelanja setiap saat. Mengapa tidak, dulu kesibukan adalah penghambat ketika anda mau membeli sebuah barang, ditambah lagi anda harus berkeliling toko untuk mencari satu produk yang sesuai dengan yang anda inginkan.
5 Tips Aman dan Nyaman Berbelanja Online

Namun sekarang hanya dalam satu sentuhan, anda dapat melakukan transaksi berbelanja, memilih produk sesuai pilihan anda tanpa harus kerepotan, bahkan anda dapat berbelanja disaat anda berada ti tempat tidur anda. Mudah bukan?

Kemudahan dalam berbelanja tersebut mungkin akan membuat anda rajin dan betah untuk berbelanja, tapi anda harus berhati-hati, kemudahan yang anda dapatkan dalam berbelanja online justru ada bahaya yang mengintai. Penipuan, pencurian data transaksi adalah bahaya yang mungkin muncul ketika anda memilih untuk berbelanja online.

Jika anda lebih berhati-hati dalam menganalisis si penjual, detai transaksi yang anda lakukan, setidaknya akan meminimalisir tingkat kecurangan atau penipuan yang dilakukan oleh pihak penjual. Selain kehati-hatian dan ketelitian anda dalam berbelanja, berikut beberapa tips yang akan membantu anda untuk berbelanja online yang aman.

1.    Cek Profil Penjual atau Toko Online

Ini merupakan hal yang paling penting dan paling utama yang harus anda tinjau ketika memilih untuk berbelanja online. Anda harus mengecek profil dari si penjual serta tingkat valid data toko online seperti alamat penjual atau alamat toko. Disamping itu, anda anda harus mengecek pengalaman si penjual dalam menjual produknya, sehingga anda bias menaruh kepercayaan untuk membeli di tempat tersebut secara online.

Artikel Terkait : 4 Toko Komputer Online Yang Aman dan Terpercaya

2.    Cek Produk

Anda tentu tidak menginginkan barang yang anda terima tidak sesuai dengan barang yang anda pesan bukan?, untuk itu anda harus teliti mengecek kualitas barang yang ingin anda pesan. Disetiap produk yang ditawarkan biasanya ada menu untuk melihat detail produk, silahkan anda cek apakah sesuai dengan produk yang anda butuhkan atau tidak. Gambar produk yang ingin anda beli pun harus jelas, setidaknya bukan gambar yang diambil dari google. Gambar produk yang ditawarkan harus jelas dan real, dan merupakan gambar asli dari barang yang dijual.

3.    Cek Harga

Penjual biasanya menjajakan barang dagangannya lebih dari satu produk yang sama. Anda dituntut untuk lebih teliti dalam melihat harga. Harga yang ditawarkan biasanya belum termasuk ongkos kirim, jangan sampai anda harus membayar berkali lipat lebih mahal hanya untuk membayar ongkos pengiriman.

Artikel Terkait : Daftar Laptop Murah 3 Jutaan Untuk Gaming

4.    Cek Transaksi

Transaksi berbelanja online sangatlah mudah. Anda dapat memanfaatkan kartu kredit, transfer tunai, paypal untuk melakukan pembayaran barang belanjaan anda. Yang harus anda waspadai adalah detail transaksinya. Jika anda melakukan pembayaran melalui kartu kredit, harus anda pastikan kalau nomor kartu kredit anda terjamin aman dari pencurian nomor kartu kredit.

Jika melakukan transkasi melalui transfer antar bank, harus anda pastikan langkah konfirmasinya, dan alamat pengiriman. Jangan sampai anda salah mentransfer dana anda dan setelah anda mentransfer anda tidak bias mengkonfirmasi transaksi anda.

5.    Cek pengiriman

Setelah anda selesai membayar seluruh barang belanjaan anda, atau sebelum anda membayar lunas belanjaan, silahkan anda cek jasa pengiriman yang akan mengirim barang anda. Jasa pengiriman seperti TIKI, JNE, dan POS merupakan jasa pengiriman paling aman dan cepat di Indonesia.

Sekian beberapa tips singkat tentang cara berbelanja online yang aman. Ketelitian dari anda akan membuat anda nyaman dalam berbelanja, maka berhati-hatilah sebelum membeli. Terima kasih.

Post a Comment