Istilah-Istilah Pada Notebook Yang Wajib Diketahui

Notebook

Istilah-Istilah Pada Notebook

Pada postingan sebelumnya kami telah memaparkan beberapa istilah pada motherboard, kali ini masih dalam ruang lingkup komputer, kami akan memaparkan kembali beberapa istilah yang ada pada motherboard komputer. Dalam sebuah CPU, banyak sekali komponen-komponen, dan dalam satu komponen saja terdapat beberapa istilah. Untuk menambah wawasan kita dalam dunia komputer, mari kita simak ulasan beberapa istilah yang ada pada motherboard :

1.    Front Side Bus (FSB)

Pada Microprocessor, FBS berfungsi menghubungkan processor dengan memori utama. FBS juga berfungsi untuk mengkomunikasikan antara processor dengan komponen-komponen lainnya yang ada di motherboard.

2.    Heat Sink Fan (HSF)

HSF ini merupakan komponen CPU yang berfungsi untuk menyerap panas. Biasanya HSF ini terbuat dari aluminium. Pemakaian fan sebagai penyerah suhu ini akan meningkatkan kinerja komponen.

3.    LGA1156

LGA merupakan kepanjangan dari Land Grid Array. LGA adalah jenis socket yang digunakan CPU, khususnya intel, dimana kini pin berada di socket, bukan di processor lagi. Sementara angka 1156 yang berada dibelakangnya menunjukkan banyaknnya pin processor.

4.    Micro ATX

Micro ATX adalah salah satu  istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasipleh motherboard atau casing untuk menempatkannya.

5.    Northbridge

Northbridge merupakan salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memory system dan bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah southbridge.

6.    PATA/ATA

PATA adalah singkatan dari Parallel Advance Technology Attachment yang merupakan sebuah implementasi komunikasi data secara paralel dari disk drive ke controller berbasiskan IDE dengan lebar data sebesar 8-bit.

7.    SATA (Serial ATA)

Adalah suatu evolusi dari paralel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial melalui single kabeldengan minimum empat kawat dan terhubung secara point to point sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150 Mbps.

8.    Tweaking

Tweaking merupakan suatu proses untuk menyesuaikan atau lebih tepatnyakaliberasi suatu komponen elektronika seperti potensiometer pada sirkuit analoguntuk menghasilkan kinerja yang lebih optimal.

Sekian ulasan kami tentang istilah-istilah pada motherboar komputer, semoga menambah pengetahuan anda dalam menguasai perangkat komputer. Terima Kasih, dan salam portal.

Post a Comment