Tips Mempercepat Loading Startup Laptop

Tips Mempercepat Loading Startup laptop

Tips Mempercepat Loading Startup Laptop - Komputer atau laptop yang loading dan prosesnya sangat lambat merupakan hal yang sangat menjengkelkan bagi penggunanya. Apalagi disaat yang sangat mendesak kita membutuhkan kinerja laptop yang cepat untuk pekerjaan. Apakah anda tahu kenapa laptop ataupun komputer anda menjadi lambat, lemot, bahkan not responsive?



Ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer atau laptop anda lambat, diantaranya adalah

1.       Banyaknya file-file sampah yang tersimpan dilaptop.

2.       Registry sampah yang sangat banyak ketika anda menginstal ataupun menguninstal aplikasi.

3.       AddOn berlebihan pada browser

4.       Aplikasi-aplikasi besar yang tidak diperlukan (Automatic Running) disaat starup laptop atau komputer.

5.       Cache pada browser yang sudah lama tidak dibersihkan.

6.       Memory RAM yang kecil.

Beberapa faktor diatas merupakan faktor yang sangat umum terjadi dan menjadi penyebab melemahnya kinerja laptop. Mungkin penggunaan laptop yang lama akan membuat file sampah dan beberapa registri serta aplikasi yang tidak perlu anda install menumpuk, dan hasilnya kinerja laptop anda melemah.

Disini saya akan memberikan beberapa tips mudah untuk membantu mempercepat kinerja dan loading startup laptop anda. Hal-hal yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut :


 File-File Sampah Menumpuk


1.       File-file sampah yang sudah menumpuk di laptop tidak bisa anda hapus secara manual untuk membersihkan secara menyeluruh. Namun anda harus menggunakan aplikasi Ccleaner yang dapat anda download secara gratis di Filehippo. Disana anda akan mendapatkan berbagai aplikasi terbaru termasuk Ccleaner versi terbaru untuk membantu anda menghapus file-file sampah serta registri-registry yang sudah menumpuk pada laptop anda.


Hapus AddOn


2.       Uninstall atau remove semua addon yang anda rasa tidak perlu pada browser mozilla firefox atau Google Crome.


Hapus Aplikasi Besar


3.       Jika spec laptop anda terbilang kecil, usahakan install aplikasi seadanya dan seperlunya saja. Jangan anda menginstall aplikasi sebesar Photoshop CC , Corel Draw, apalagi autoCad. Juga jangan anda install antivirus yang ukurannya sangat besar, walalupun antivirus itu terbaik didunia sekalipun seperti Biddefender dan kaspersky lab.


Hapus Cache Browser


4.       Pada aplikasi Ccleaner anda juga dapat menemukan fitur untuk menghapus cache history pada browser.


Upgrade RAM


5.       Memory RAM pada laptop sangat berpengaruh pada kinerja laptop dan komputer anda. Semakin besar memory RAM, semakin cepat kinerja laptop. Jika laptop anda mempunyai RAM yang kecil, silahkan anda upgrade ke yang lebih besar.



Perbedaan RAM SODIMM DDR3 dan DDR3L




Untuk tambahan, anda juga dapat menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang Automatic Running disaat Startup Windows. Caranya silahkan buka CMD, dan ketik “msconfig” (tanpa tanda petik), kemudian buka tab STARTUP, dan hilangkan centang aplikasi yang anda rasa tidak perlu Jalan otomatis saat anda menyalakan laptop.



Sekian tips dari Portal Cyber, semoga bermanfaat, terimakasih dan salam portal.

Post a Comment